Dengan semangat Kaltim Bangkit 2013 dan Program Kaltim Melek IT 2010, beberapa minggu kedepan akan menjadi minggu-minggu terpadat dan tersibuk, ini karena mulai tanggal 26 Oktober 2009 nanti akan berjalan pelatihan pemanfaatan e-government untuk mengenalkan penggunaan aplikasi E-Office Kantaya (Kantor Maya) yang dikembangkan oleh BPPT ke seluruh Badan Dinas (SKPD) Provinsi Kalimantan Timur.
Ada sekitar 12 Tim yang terdiri kurang lebih 6 personil yang nantinya akan menjadi instruktur dan asisten dalam pelatihan Kantaya tersebut. Hal ini mengingat banyaknya Badan Dinas (SKPD) yang perlu di sosialisasikan penggunaan E-Office ini. Pelatihan ini didukung sepeuhnya oleh BCC (Borneo Cyber Community).
Kantaya (Kantor Maya) adalah sebuah aplikasi perkantoran elektronik (E-Office) yang didalamnya terdapat beberapa fiture menarik utnuk mendukung pekerjaan seorang karyawan atau pegawai menjadi lebih mudah dan menarik. Beberapa fitur utama yang ada di Kantaya adalah fitur :
- Agenda, memalui fitur ini pengguna/user dapat menuliskan seluruh jadwal/agenda-nya sehari-hari dan dapat dipublis agar dapat dilihat oleh seluruh pengguna/teman unit kerja/group tertentu.
- Lemari, memalui fitur ini pengguna/user dapat melakukan pengarsipan atau menyimpan berkasnya pada server Kantaya, selain itu dapat melakukan sharing berkas bersama-sama dengan seluruh pengguna/teman unit kerja/group tertentu.
- Surat, pada fitur ini adalah fitur utama yang akan dipegang oleh seorang sekertaris. Karena Ia akan melakukan pengarsipan no. surat keluar dan no. surat masuk. Fitur ini juga dapat melakukan desposisi oleh struktural paling atas hingga ke bawah.
- Email, disini pengguna/user bisa melakukan login ke akun emailnya masing-masing melalui menu Kantaya yang disediakan.
- Dimana, melalui fitur ini pengguna/user dapat menuliskan statusnya saat itu apakah sedah rapat atau sedang melakukan dinas luar.
Dan masih banyak lagi fitur-fitur yang lainnya, namun fitur-fitur diatas adalah fitur-fitur yang wajib bagi seluruh pengguna kantaya. Sedangkan fitur seperti VOIP dan Chat akan dikenalkan selebihnya secara perlahan.
Semoga sukses deh buat rekan-rekan semuanya…